A.
JENIS DAN DATA FRONT OFFICE TERDAPAT PADA DOKUMEN SEBAGAI BERIKUT :
1. Expeted Arrival List (EAL)
Daftar tamu di
harapkan tiba adalah suatu daftar tentang tamu – tamu yang diharapkan tiba pada
satu tanggal karena telah memesan kamar. Daftar tamu diharapkan tiba dibuat
oleh petugas pemesanan kamar setiap sore untuk tamu – tamu yang telah memesan
kamar, sehari sebelum tamu tiba. Dengan membaca daftar tamu diharapkan tiba
maka akan mengetahui tamu – tamu yang akan tiba hari itu sehingga dapat
mengadakan persiapan sebaik – baiknya. Adapun informasi yang tercantum pada
daftar tamu diharapkan tiba adalah :
a.
Tanggal kedatangan tamu.
b.
Nama tamu yang dikelompokan atas : tamu VIP, tamu rombongan dan tamu
perorangan.
c.
Jumlah / jenis kamar yang dipesan.
d.
Jumlah orang dalam kamar.
e.
Tanggal keberangkatan tamu.
f.
Jenis kendaraan atau nomor penerbangan yang dipakai saat tiba.
g.
Jam tiba.
h.
Catatan tentang hal – hal yang perlu diperhatikan khusus.
Daftar tamu diharapkan
tiba ini akan dikirim kepada pimpinan departemen atau seksi lain agar mereka
mengetahui dan memaklumi tamu – tamu yang tiba hari itu dalam usahanya ikut
memberikan pelayanan sebaik – baiknya. Daftar tamu yang diharapkan tiba dibuat
berdasarkan slip pemesanan kamar.
2. Daftar A
Sesuai dengan
peraturan pemerintah no.15 tahun 1954 pasal 5 ayat 3, pengelolaan hotel
diwajibkan melaporkan kepada polisi terdekat tamu – tamu yang menginap
dihotelnya selambat – lambatnya dalam waktu
1 X 24 jam.
Adapun informasi
yang perlu dicantumkan pada laporan (daftar A) tersebut sesuai dengan informasi
yang dibutuhkan hotel dalam kartu registrasi maka kartu registrasi dan daftar A
dibuat sedemikian rupa sehingga sama kecuali pada kartu registrasi pada bagian
bawahnya ditambahkan kolom – kolom untuk :
a. Nomor kamar
b. Jumlah orang
c. Harga kamar
d. Catatan pembayaran
e. Paraf penerima tamu.
3. Guest slip / room rack slip /
information slip.
Slip rak kamar atau
room rack slip. Untuk menghemat waktu pembuatannya maka pengetikan slip rak
kamar diketik bersama – sama dengan rekening tamu.
Pengetikan slip rak
kamar untuk tamu rombongan diketik tersendiri tidak bersama – sama dengan
rekening tamu. Slip rak kamar untuk tamu perorangan didasarkan pada kartu
registrasi, sedang slip rak kamar untuk tamu rombongan didasarkan pada daftar
nama rombongan atau rooming list. Slip pada tamu perorangan dibuat rangkap
empat masing – masing untuk :
a. Rak kamar (room rack)
b. Rak informasi (information rack)
c. Rak telepon operator
d. Tata graha (house keeping)
Pengetikan slip rak
kamar untuk tamu rombongan sama susunannya seperti slip tamu perorangan hanya
bedanya :
a. Slip tamu rombongan tidak
mencantumkan harga kamar Karena harga kamar akan dicantumkan pada master bill
untuk rombongan.
b. Slip tamu rombongan tidak mencantumkan
alamat dan sebagai gantinya adalah nama dari rombongan tersebut.
c. Kebangsaan dari tiap – tiap
anggota tamu rombongan adalah disesuaikan dengan kebangsaan dari pimpinan
rombongannya .
4.Guest In the
House List
Daftar
tamu tinggal di hotel merupakan daftar yang mencantumkan semua tamu yang
tinggal di hotel pada waktu itu. Dasar untuk membuat laporan ini adalah
informasi yang diperoleh melalui slip rak kamar. Semua informasi seperti yang
disebutkan dibawah dikutip langsung dari slip rak kamar. Laporan ini dibuat
malam hari dan dikirim malam hari pada hari berikutnya keberbagai departemen
sebagai informasi tentang tamu – tamu yang tinggal di hotel. Adapun informasi
ayng dicantumkan pada daftar tamu tinggal dihotel antara lain nomor kamar, nama
tamu, jumlah tamu dalam kamar, tanggal keberangkatan, dan catatan khusus
misalnya VIP.
Contoh
daftar tamu tinggal di hotel
5.Room Count
Sheet
Perincian
penjualan kamar merupakan laporan hasil penjualan kamar dalam waktu 24 jam.
Dibuat berdasarkan informasi status kamar pada room rack. Dalam formulir
perincian penjualan kamar tercantum informasi sebagai berikut :tanggal laporan
dibuat, jumlah kamar, jumlah orang, harga kamar.
Jumlah
kamar adalah semua kamar hotel yang tersedia disusun berurutan dan sesuai
dengan pengelompokannya, misalnya berdasarkan kelompok lantai atau berdasarkan
kelompok lokasi. Jumlah orang adalah jumlah tamu yang tinggal dalam kamar
dirinci atas dewasa dan anak.
Harga
yang dicantumkan untuk masing – masing kamar adalah harga yang dibayar oleh
tamu untuk sewa kamar satu malam sudah termasuk jasa pelayanan (service charge)
dan pajak (government tax).
Contoh formulir perincian penjualan
kamar untuk sebuah hotel berlantai dua dengan 50 buah kamar
6 Room Sales Recapitulation
Rekapitulasi penjualan kamar adalah laporan rangkuman
pendapatan kamar selama 24 jam dan data - data statistik penjualan kamar.
Laporan ini dibuat setiap hari bedasarkan laporan perincian penjualan kamar
untuk hari yang sama. Jadi setelah laporan perincian kamar selesai disusun
barulah dilanjutkan penyusunan laporan rekapitulasi penjualan kamar. Laporan
rekapitulasi penjualan kamar dirancang sesuai dengan keperluan hotel. Secara
garis besarnya laporan ini mencakup kelompok informasi seperti :
a.Ringkasan pemakaian kamar dan
hasil penjualannya.
b.Statistik tentang kamar dan
tamu.
c.Uraian tentang tamu
complimentary.
Proses menyusun rekapitulasi penjualan kamar adalah
sebagai berikut :
d.Buat konsep terlebih dahulu.
e.Sediakan laporan perincian
penjualan kamar hari itu yang akan dijadikan dasar pembuatan laporan
rekapitulasi penjualan kamar.
f.Sediakan juga laporan
rekapitulasi penjualan kamar hari sebelumnya.
g.Informasi yang akan dicantumkan sebagian dikutip langsung dari
perincian penjualan kamar, laporan rekapitulasi penjualan kamarsebelumnya dan
sebagian dengan melakukan perhitungan terlebih dahulu, dan selebihnya dikutip
dari room rack
Tidak ada komentar:
Posting Komentar